Rojo Cipto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
BERKAT PANDEMI COVID-19 SAYA BISA

BERKAT PANDEMI COVID-19 SAYA BISA

BERKAT PANDEMI COVID-19 SAYA BISA

OLEH: CIPTO ROJO

Secara serentak semua sektor kehidupan manusia berubah karena pandemi CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19). Demi mencegah dan memutuskan rantai penularan COVID-19 sekolah diliburkkan mendadak. Pemerintah memberikan anjuran bagi para pekerja termasuk guru melakukan work from home (WFH). Sistem Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) mau tidak mau juga menyesuaikan dengan keadaan. Anak-anak terpaksa mengikuti KBM belajar dari rumah.

Untuk wilayah DKI Jakarta sendiri, kondisi belajar dari rumah sudah dimulai sejak 16 Maret 2020. Proses berjalannya KBM sekolah melalui jaringan (daring). Bagi saya aktivitas mengajar secara daring dari rumah memang cukup menantang. Sebagai guru, saya harus memutar otak agar kegiatan belajar dan mengajar berjalan secara efektif. Saya masih memberikan pembelajaran kepada siswa menyapa melalui grup WA kelas, zoom google meeting dan aplikasi lainnya.

Keadaan ini kemudian menuntut saya untuk lebih banyak lagi belajar berbagai macam aplikasi dan media pembelajaran secara daring. Salah satu perguruan tinggi swasta Binus University yang saya ikuti memberikan pelatihan pembelajaran daring secara gratis. Hampir seminggu dua kali memberikan pelatihan. Upaya lain yang saya lakukan adalah mengikuti tutorial media pembelajaran daring melalui youtube. Semua kegiatan mempelajari pembelajaran daring adalah berkah bagi saya. Karena dari yang tidak pernah mengenal media pembelajaran daring saat ini menjadi bisa dan memanfaatkannya.

Pengalaman baru lainnya ini adalah saya harus siap sedia hingga malam hari. Sebab, tidak sedikit murid yang masih mengontaknya pada malam hari karena masih tidak paham dengan tugas-tugas tertentu. Ditambah belum lagi menjelaskan pertanyaan anak-anak yang belum paham sama tugasnya.

Saat saya mendapatkan pelatihan media pembelajaran daring maka saya harus mampu berbagi dengan orang lain. Supaya ilmu yang saya dapat tidak lupa. Sungguh berkah yang jarang saya dapatkan sebelumnya. Ini menjadi pengalaman yang luar biasa. Tak akan terlupakan pastinya di masa depan nanti. Semoga badai COVID-19 segera berlalu. Anak-anak bisa ceria belajar di sekolah seperti sedia kala. Walau harus dalam suasana KBM Normal Baru (New Normal).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semangat, CikGuPandemi memaksa kita kelyar dari zona nyaman ke zona yang makin produktif.

02 Jul
Balas

Bagus pak,, semangat literasi. Salam kenal dari Samarinda

03 Jul
Balas

Tks bu follow nya sama2 salam kenal dari jakarta

05 Jul

Keren pak

02 Jul
Balas

Tks bu dewi ...semangat terus ya..

05 Jul



search

New Post